Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Mengenal Kebiasaan Sepele yang Mengancam Kesehatan
1/ 5
by

Mengenal Kebiasaan Sepele yang Mengancam Kesehatan


Kebiasaan_Sepele_Holistu_agen_tepung_mata_beras

Kebiasaan adalah suatu tindakan atau perilaku yang dilakukan berulang-ulang. Kebiasaan memiliki dampak, ada yang berdampak positif dan ada yang berdampak negatif. Berikut ini akan dibahas mengenai beberapa kebiasaan yang bisa dibilang sepele tapi berdampak negatif bagi kesehatan tubuh.

Kebiasaan pertama yang berpotensi mengganggu kesehatan adalah sering menahan buang air kecil. Kebiasaan menahan buang air kecil dapat menyebabkan gangguan ginjal karena zat-zat pada urine terlalu lama dibiarkan tertahan sehingga mengendap. Endapan ini akan membentuk pengkristalan yang memicu penyakit batu ginjal.
Selanjutnya, kebiasaan tidur terlalu lama yang membuat sel otak menjadi tidak aktif akibatnya sulit untuk fokus dan timbul sakit kepala. Minim gerak karena terbiasa tidur lama dapat menyebabkan sakit otot terutama pada bagian punggung. Dalam jangka panjang dapat memicu obesitas karena minimnya pembakaran lemak.

Tidak rajin atau melupakan minum air putih seminim-minimalnya 8 gelas perhari, jangan dibiasakan. Karena air putih itu sangat penting bagi tubuh untuk memperlancar proses detoksifikasi (pembuangan racun). Proses detoksifikasi yang tidak optimal akan menyebabkan zat racun pada tubuh menumpuk. Hal ini akan berbahaya bagi kesehatan.

Kebiasaan terlalu sering mengabaikan istirahat juga dapat mengancam kesehatan. Aktif memang perlu tapi jangan sampai mengabaikan istirahat. Tubuh sama halnya seperti mesin yang mesti memiliki jadwal istirahat cukup untuk mengisi ulang tenaga. Dalam jangka panjang, tubuh yang terlalu sering kekurangan istirahat berdampak turunnya stamina dan kekebalan tubuh sehingga akan mudah lesu juga terserang penyakit.

Sering mandi malam tanpa air hangat memicu gangguan kesehatan. Aktifitas seharian yang padat ditambah lagi cuaca panas, memang membuat mandi malam  terasa begitu segar apalagi mandinya tanpa air hangat. Jika perilaku ini terus menerus dilakukan dapat menimbulkan efek negatif pada tubuh seperti mengakibatkan demam, paru-paru basah, penuaan dini, dan reumatik.

Tidak memperdulikan kebersihan tangan atau malas cuci tangan nampak terdengar sepele, tetapi jika hal ini menjadi kebiasaan maka akan mengancam kesehatan. Bakteri dan kuman itu bisa ada dimana saja, sedang jari jemari ini digunakan untuk menyentuh apa saja. Maka bisa dipastikan tangan ini tidak higienis / ada kuman-kuman. Jika tidak rajin mencuci tangan, tentu bagian-bagian tubuh yang disentuh jemari seperti hidung, mulut, kuping, dan sebagainya akan terkontaminasi kuman. Kondisi ini tentu mengkhawatirkan karena bakteri/kuman yang masuk ke dalam tubuh dapat mengganggu kesehatan.   

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment

Vita Holistu

Vita_Holistu