Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Waspadai Efek Negatif Kekurangan Tidur
1/ 5
by

Waspadai Efek Negatif Kekurangan Tidur




Banyak orang yang terlalu sibuk beraktivitas setiap harinya, bahkan sampai larut malam. Padatnya jadwal kesibukan dapat membuat lupa akan tidur (istirahat), tubuh pun menjadi kekurangan istirahat. Belum lagi ditambah berbagai tekanan serta situasi lain yang akan membuat tubuh sulit untuk istirahat/tidur. Kondisi terlalu sering kekurangan tidur malam (istirahat) akan sangat membahayakan tubuh.

Padahal tidur atau istirahat merupakan waktu bagi tubuh untuk meregenerasi (memperbaiki) jaringan-jaringan yang mengalami kerusakan dan mengembalikan stamina yang terkuras saat beraktivitas. Itu sebabnya kualitas tidur/istirahat yang cukup mesti dijaga. Jika kualitas tidur/istirahat yang cukup tidak dijaga, maka akan timbul berbagai efek negatif pada tubuh.

Tidur atau istirahat malam yang kurang dapat menyebabkan mudah lelah dan mengantuk ketika siang hari beraktivitas. Masalah lain yang timbul ketika kekurangan tidur malam adalah sulit konsentrasi siang hari. Hal ini disebabkan fungsi otak menurun yang akan mempengaruhi konsentrasi. Situasi kurangnya konsentrasi akan menimbulkan masalah baru yaitu mudah lalai, emosi dan stres. Tekanan eksternal saat beraktivitas, ditambah lagi kelelahan dan konsentrasi yang menurun akan menyebabkan rasa emosi yang tinggi, pada akhirnya dapat menimbulkan stres.

Kekurangan tidur juga akan mempengaruhi penampilan karena kurang tidur membuat penampilan wajah terlihat pucat dan mata akan terlihat sembab. Tubuh juga akan mudah terserang masalah kesehatan seperti sakit flu, pegal-pegal, dan pusing. Hal ini dikarenakan kekurangan tidur/istirahat menyebabkan menurunnya sistem imun (kekebalan) tubuh sehingga penyakit mudah menyerang.  


Referensi:
Ana, 30 Bahaya Akibat Kurang Tidur Malam Bagi Kesehatan – Pria – Wanita, http://halosehat.com/gaya-hidup/kebiasaan-buruk/akibat-kurang-tidur-malam, (diakses 11 November 2015)
Andika Saputra, 5 Dampak Akibat Dari Kurang Tidur, http://www.groufiee.com/5-dampak-akibat-kurang-tidur/, (diakses 29 Juni 2016)

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment

Vita Holistu

Vita_Holistu