Rated 1/5 based on 4 customer reviews
Gejala Awal Tubuh dengan Kolesterol yang Tinggi
1/ 5
by

Gejala Awal Tubuh dengan Kolesterol yang Tinggi

gambar yang menunjukkan tentang hati yang sehat


Kolesterol adalah senyawa lemak kompleks (seperti lilin) yang sebagian besar diproduksi di hati (sekitar 80%) dan sekitar 20% lainnya dari makanan. Ukuran kadar kolesterol normal pada tubuh adalah 160-200 mg, sedangkan jika sudah di atas 240 mg maka sudah pada kondisi mengkawatirkan. Tubuh dengan kolesterol yang tinggi biasanya disebabkan kurangnya berolahraga dan terlalu sering mengkonsumsi makanan mengandung kolesterol tinggi seperti makanan berlemak, jerohan, daging, santan, dan seafood.
Keadaan tubuh dengan kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia, merupakan suatu kondisi dimana tingkat kolesterol dalam darah yang melampaui kadar normal. Hal ini berbahaya karena akan terjadi penumpukan kolesterol (seperti plak) pada pembuluh darah sehingga menghambat aliran darah. Situasi ini akan berdampak buruk karena dapat menyebabkan munculnya penyakit berbahaya seperti stroke dan serangan jantung.

Tubuh dengan kolesterol tinggi bisa terlihat dari kondisi tubuh dan kesehatannya. Ada tanda-tanda atau beberapa gejala awal jika tubuh terkena kolesterol tinggi. Kenalilah gejala tersebut supaya dapat mengatasinya sedini mungkin sehingga terhindar dampak buruk. Gejala awal tersebut yaitu sakit kepala, mudah emosi dan tekanan darah tinggi (hipertensi). Aliran darah yang terhambat kolesterol menyebabkan jantung harus bekerja ekstra keras memompa darah, efeknya adalah naiknya tekanan darah.

Tanda selanjutnya adalah asam urat tinggi atau sering timbul rasa nyeri pada persendian, leher juga punggung sering terasa nyeri tiba-tiba (pegal), dan kesemutan di bagian tangan dan kaki. Hal ini juga disebabkan karena tidak lancarnya aliran darah. Plak dari kolesterol yang menghambat aliran darah sudah membentuk kristal tajam, sehingga akan menyebabkan nyeri ketika mengenai bagian dalam sendi.

Gejala berikutnya terserang kolesterol tinggi adalah kepala terasa berat dan tubuh mudah sekali lelah. Hal ini terjadi dikarenakan asupan oksigen ke otak yang dibawa darah tidak optimal, karena pembuluh darah menyempit tersumbat kolesterol. Akibatnya fungsi kerja otak menurun, kepala terasa berat dan tubuh menjadi tidak bergairah mudah lelah. Kemudian tubuh dengan berat badan berlebih atau obesitas, harus lebih mewaspadai apakah kolesterolnya tinggi atau tidak. Caranya adalah dengan memantau adakah gejala-gejala awal kolesterol tinggi dan mengecek kadar kolesterol

Majalah Holistu

Mempromosikan kehidupan sehat holistic melalui artikel-artikel sederhana (yang di-review oleh ahlinya) maupun promosi-promosi yang bersifat penyuluhan, eksibisi, seminar-seminar dan konvensi.

No comments:

Post a Comment

Vita Holistu

Vita_Holistu